(Dis)content (Judgement of the Six)

(Dis)content (Judgement of the Six)

Sosiologi Dalam masyarakat terdapat berbagai jenis pekerjaan sepert pilot dan pengacara. Kedua jenis pekerjaan tersebut dikategorikan sebagai suatu diferensiasi sosial. Hal ini dilakukan dengan alasan yaitu .....

Dalam masyarakat terdapat berbagai jenis pekerjaan sepert pilot dan pengacara. Kedua jenis pekerjaan tersebut dikategorikan sebagai suatu diferensiasi sosial. Hal ini dilakukan dengan alasan yaitu .....

Jawaban:

Menurut Soerdjono Soekanto, diferensiasi sosial yakni bentuk varisasi profesi kerja di dalam masyarakat yang dianggap sebagai sebuah prestise tanpa memberikan perbedaan nyata. Soerjono Soekanto menganggap jika diferensiasi sosial terdapat perbedaan, namun secara nilai sosial pekerjaan yang dilakukan atau apapun yang berada di dalam diferensiasi sosial tidak dianggap berbeda.

Diferensiasi profesi adalah bentuk dari diferensiasi sosial yang merupakan penggolongan masyarakat berdasarkan profesinya. Dari penggolongan tersebut maka kita dapat melihat kelompok masyarakat yang berprofesi sebagai guru, tentara, pegawai negeri, polisi, dan lain-lain. Perbedaan profesi ini akan membawa pengaruh tersendiri terhadap perilaku sosial seseorang di lingkungannya. Diferensiasi dalam hal ini jangan melihat dari aspek ekonomi, namun dilihat dari fungsi dari profesi tersebut. Jika, diferensiasi profesi dilihat dari aspek ekonomi, maka dapat memungkinkan timbul masalah ketimpangan sosial.

Alasan mengapa kedua jenis pekerjaan tersebut dikategorikan sebagai suatu diferensi sosial adalah untuk membantu setiap individu atau kelompok untuk mengetahui peran dan fungsinya di masyarakat dan membedakan fungsi dari 2 pekerjaan tersebut.

Maaf bila salah, semoga membantu yaa.・゚゚・(/ω\)・゚゚・.

[answer.2.content]